Pelet Dalam Tinjauan Syari’at Islam

images3Pelet adalah sebuah istilah yang ma’ruf di masyarakat kita, tapi sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui hakekat dan hukumnnya.

Oleh karena itulah saya berusaha dengan memohon pertolongan kepada Allah untuk menuangkan kesederhanaan ilmu saya pada artikel ini.

Dalam bahasa arab yang sesuai dengan pengertian pelet yang kita kenal adalah, “At Tiwalah” tiwalah sebagaimana di definisikan oleh syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab adalah sesuatu yang dibuat dengan anggapan bahwasannya hal itu dapat menimbulkan kecintaan istri kepada suaminnya atau suami kepada istrinya. (Kitab Tauhid, Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab : 77). Jadi apapun namanya baik tiwalah, mantra – mantra pengasih ataupun yang lainnnya, kalau hakekatnya sama maka hukumnya sama.

Jadi… apa sih hukumnya pelet?

Pelet itu termasuk pebuatan sihir, sedangkan sihir hukumnya haram temasuk perbuatan kekufuran yang menyebabkan pelakunya keluar dari islam (murtad), berkata asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab, pada kitabnya pembatal keislaman : “Pembatal keislaman yang ketujuh SIHIR dan diantara jenis sihir adalah as-sharf dan al-athaf, barangsiapa yang melakukannya atau ridho dengannya maka kafir, dalilnya adalah Firman Allah Ta’ala :

وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلا تَكْفُرْ

Artinya : “Dan tidaklah kami megajarkan (sihir) kepada seorang pun sampai kami berkata sesungguhnya kami adalah fitnah (ujian), maka janganlah kalian kafir” (QS. Al-Baqarah : 102 )

Berkata asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Al-Wushoby : “as-sharf” adalah perbuatan sihir yang di inginkan dengannya, merubah manusia dari apa yang dicintainya. Seperti merubah kecintaan seorang suami kepada istrinnya menjadi benci. “al-athaf” adalah perbuatan sihir juga, yang dikehendaki dari sihir tersebut kecintaan seseorang dari apa yang tidak dicintai menjadi cinta dengan cara-cara syaitan. (Qaulul Mufid Fi ‘adilati Tauhid: 50) ini yang dikenal oleh istilah kita sebagai pelet.

Jadi pelet termasuk perbuatan sihir maka mempelajari dan melakukannya termasuk perbuatan haram bahkan kesyirikan dengan kesyirikan yang besar yang mengeluarkan pelakunya dari islam.

Berkata Al-Haafidz Ibnu Hajar pada firman Allah Ta’aala

إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلا تَكْفرْ

“Sesungguhnya kami adalah fitnah (ujian), maka janganlah kalian kafir” (Al-Baqarah : 102 )

bahwa di dalam ayat ini terdapat isyarat mempelajari sihir merupakan perbuatan kekufuran maka mengamalkan sihir merupakan perbuatan kekafiran. (Fathul Bari, Jilid 10. hlm 262)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari ibnu mas’ud radhiyallahu ‘anhu, berkata : ”Saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda : “ Bahwasanya ruqyah (Ruqyah syirkiyah) jimat dan pelet adalah perbuatan syirik”

(HR. Abu Dawud, Imam Ahmad dan selain dari mereka, dishohihkan Syaikh al-Albani dalam Silsilah Hadits Shohihah dan dihasankan oleh Syaikh Muqbil bin Hady Al-Wadi’iy dalam Shohihul Musnad)

Berkata asy-Syaikh All-Allamh Shalih al-Fauzan: “Bahwasanya dalam hadits ini terdapat penjelasan bahwa perkara-perkara yang disebutkan dalam hadits ini adalah perbuatan syirik yang dapat menghilangkan Tauhid” (Mulakhos Syarah Kitab Tauhid, hal. 79)

Bekata asy-Syaikh Al-Allamah Ahmad An – Najmi, setelah menjelasakan pengertian (at-tilawah : pelet) “Bahkan jika seseorang melakukan demikian itu  (pelet) bahwasannya dia telah melakukan macam dari macam sihir, dan sihir perbuatan haram, tidak dapat melakukannya kecuali orang kafir (karena sihir tidak didapat kecuali dengan kekufuran)” (Syarh kitab tauhid Syaikh Ahmad An Najmi, hlm 37)

Dari penjelasan di atas jelaslah bahwa pelet termasuk dari perbuatan sihir yang hukumnya haram, bahkan merupakan perbuatan kekufuran.

ditulis oleh Abu Ibrahim Abdullah bin Mudakir Al-Jakarty

15 comments on “Pelet Dalam Tinjauan Syari’at Islam

  1. suhendri mengatakan:

    Subhanallah…..artikel ini sangat bermanfaat, karena kejahatan sihir di negeri ini bersifat samar sehingga dengan mudah dapat menyesatkan ummat Islam….

    Mari kita bela Agama Allah dengan melakukan Perlawanan terhadap Sihir dalam bentuk, nama, dan jenis apapun!!!!

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh…

  2. […] PELET DALAM TINJAUAN SYARIAT ISLAM Oleh : Abu Ibrohim Abdullah bin Mudakir Al-Jakarty […]

  3. meibisnis mengatakan:

    Klo doa pengasihan nabi yusuf yang ada dlm Al Qur’an gimana?? Doa ini sering dipakai buat ilmu pengasihan, termsuk teman saya. Bagaimana hukumnya??

    • abdullah1982 mengatakan:

      tidak boleh hukumnya, al-qur’an diturunkan bukan untuk seperti itu. itu amalan bid’ah (mengada-nda dalam beragama) haram hukumnya.

  4. aji mengatakan:

    apakah yg berasal dari ayat2 alquran pun haram&syirik?mhon di jawb yah……

    Karna saya sedang bingung antara mengamalkan/tdk.

    • abdullah1982 mengatakan:

      al-qur’an tidak diturunkan untuk itu. haram dan bid’ah hukumnya menggunakan ayat al-qur’an untuk itu (apa yang mereka anggap untuk pelet) ga boleh diamalkan. dan dikhawatirkan dicampuri oleh bacaan yang lain yang mengandung kesyirikkan.

  5. nieta mengatakan:

    ..bagaimana cara mengembalikan orang yg terkena pelet ?? menurut islam??

    • abdullah1982 mengatakan:

      dengan di ruqyah. banyak berdoa kepada Allah.

      • ryan mengatakan:

        nieta mengatakan:
        November 13, 2012 pada 2:21 pm
        ..bagaimana cara mengembalikan orang yg terkena pelet ?? menurut islam??
        jawab:
        abdullah1982 mengatakan:
        November 14, 2012 pada 10:32 pm
        dengan di ruqyah. banyak berdoa kepada Allah.

        menurut anda dengan ruqyah dan berdo’a adalah cara mengobati terkena pelet sedangkan dalam postingan anda menyebutkan sebuah hadits yg mengharamkan ruqyah,jimat dan pelet ini hadits saya kutif dari postingan anda tolong di jelaskan ya :

        ibnu mas’ud radhiyallahu ‘anhu, berkata : ”Saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda : “ Bahwasanya ruqyah (Ruqyah syirkiyah) jimat dan pelet adalah perbuatan syirik”

      • abdullah1982 mengatakan:

        barakallahu fikum
        ruqyah terbagi menjadi dua, ruqyah syirkiyah (ruqyah yang mengandung kesyirikkan) seperti didalamnya mengandung jampi-jampi untuk meminta tolong kepada jin, bersumpah dengan nama selain Allah maka yang seperti ini hukumnya syirik. dan jenis ini yang diinginkan dalam hadits yang anda maksud.

        yang kedua ruqyah syar’iyah ada beberapa syarat dalam ruqyqh ini,dengan membacakan al-Qur’an, doa-doa dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan menyakini ruqyah hanyalah sebab semata tidak berpengaruh kecuali dengan izin Allah, yang menyembuhkan Allah semata.

  6. wahyu mengatakan:

    kalau saya sudah berusaha keras mendapatkan pacar tapi ga dpt dpt gimana penyelesaiannya mohon dibantu -Wahyu

    • abdullah1982 mengatakan:

      jodoh ditangan Allah, bershabar, tidak boleh putus asa dan banyak berdoa serta cari teman yang dipercaya agamanya yang berkeluaraga untuk bantu mencarikan.

  7. Fitri mengatakan:

    SUBHANALLOH…
    ALHAMDULILLAH Saya bc postingan ini… trimakasih sudah d jelaskan., krna saya adlh korban dari pelet itu

  8. ebe mengatakan:

    subhanallah, jika ana boleh bertanya bagaimana mengagulangi jika suami terkena pelet wanita idaman lain ? mohon jawaban nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s